Hari/Tanggal :Senin,29
Juli 2019
Kelas :
II A
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 (Hidup Rukun)/3 (Hidup
Rukun di Sekolah)/2
Alat
Peraga :
Video dan gambar
RINGKASAN MATERI
Siswa
kelas 2 selalu menjaga kerukunan.Mereka bergotong-royong dalam melakukan kegiatan
bersama.Hari Kemerdekaan juga diperingati di sekolah.Berbagai lomba diadakan di
sekolah.
Setiap kelas wajib mengikuti lomba
kebersihan kelas.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Apa
yang dilakukan oleh para siswa?
Apa
akibatnya bila pekerjaan itu tidak dilakukan bersama?
Ceritakan
pendapatmu itu kepada teman di dekatmu.
Perhatikan
kotak-kotak kapur yang ada di lemari.
Satu
kotak berisi 100 kapur.
Urutkan banyak kotak dari yang paling sedikit sampai yang
paling banyak.
Urutkan bilangan-bilangan di atas dari yang terkecil
sampai terbesar!
Perhatikan
hasil urutan bilangan tersebut:
172
174
176 178
Bila
digambarkan dalam baris bilangan, letak bilanganbilangan tersebut adalah
sebagai berikut.
Urutan
bilangan itu merupakan bilangan maju loncat 2.
Bilangan
maju loncat dua sama dengan pola +2.
Kita
sudah mengenal berbagai pola bilangan.
Sekarang,
tentukan pola bilangan pada barisan bilangan berikut!
Urutkan bilangan-bilangan berikut dari terbesar hingga
terkecil.
Pikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang ada.
Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan huruf tegak bersambung secara rapi!
Para
siswa menghias kelas dengan hiasan yang berasal dari benda-benda bekas.
Hari/Tanggal : Selasa,
30 Juli 2019
Kelas :
II A
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/3 (Hidup
Rukun di Sekolah)/3
Alat
Peraga :
Bahan dan Alat yang digunakan
•
Daun kelapa atau kertas bekas kalender
•
Gunting
• Stepler
•
Benang kasur
Cara Membuat
- Gambarlah beberapa bentuk pola. Misalnya, pola persegi, pola lingkaran, pola lengkung.
- Jiplaklah pola itu pada daun.
- Guntinglah plastik bekas pembungkus sesuai gambar pola. Hati-hati menggunakangunting. Mintalah bantuan gurumu dalam menggunakan gunting.
- Lipatlah guntingan pola itu dan pasanglah pada benang kasur dan rekatkan menggunakan stepler. Hati-hati menggunakan stepler, mintalah bantuan gurumu.
- Gantungkan hasil rangkaian pola ini pada tempat yang akan dihias.
Persiapan
Peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan dengan penuh semangat.
Puncak
acaranya adalah Upacara Bendera tepat tanggal 17 Agustus.
Pada
upacara nanti akan diperdengarkan lagu-lagu wajib.
Hari/Tanggal : Rabu,
31 Juli 2019
Kelas :
II A
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/3 (Hidup
Rukun di Sekolah)/4
Alat
Peraga :
Berapa
peserta upacara seluruhnya?
Peserta
upacara seluruhnya dapat ditentukan
dengan
melakukan penjumlahan.
Jadi,
jumlah peserta upacara seluruhnya adalah …..
Bu
Satu Nusa Satu
Bangsa
Satu
nusa satu bangsa satu bahasa
kita
Tanah
air pasti jaya untuk selama-lamanya
Indonesia
pusaka
Indonesia
tercinta
Nusa
bangsa dan bahasa kita
bela
bersama.
Setiap
siswa menyanyikan lagu wajib di depan kelas.
Lagu
apakah yang dipilih Udin dan teman-temannya?
Hubungkan
wajah anak dengan lagu pilihannya!
Hari/Tanggal : Kamis,
01 Juli 2019
Kelas :
II A
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/3 (Hidup
Rukun di Sekolah)/5
Alat
Peraga :
RINGKASAN MATERI
Ceritakan tentang gambar di atas.
Apa
yang seharusnya dilakukan anak itu ketika melihat temannya jatuh?
Beri tanda pada kolom yang tepat!
Perbuatan yang sesuai atau tidak sesuai sila ketiga
Pancasila?
Hari/Tanggal : Jum’at,02
Juli 2019
Kelas :
II A
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/3 (Hidup
Rukun di Sekolah)/6
Alat Peraga
RINGKASA MATERI
Siswa
kelas dua berlatih bercerita tentang cita-cita. Cita-cita Udin
berbeda dengan cita-cita temannya. Apakah
cita-cita mereka.
Jodohkan wajah anak dengan cita-cita mereka!
Tariklah garis mengikuti gambar.
Buatlah syair
lagu tentang cita-cita yang setinggi bintang di
langit.
Sesuaikan
syair lagu itu sesuai dengan lagu kesukaanmu.
Nyanyikan
syair lagumu itu dengan penuh percaya diri!
Hitunglah
banyak huruf pada syair lagumu
Bandingkan
banyak huruf pada syair lagu teman di sebelahmu!
Mana
yang lebih banyak?
Urutkan banyak
kubus satuan tersebut dari yang paling
banyak dengan teliti!
Comments
Post a Comment