Materi Ajar, Selasa 9 Februari 2021 ( Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2)


Hari/Tanggal        : Rabu, 10 Februari  2021


Kelas                    : 3


Tema                    : 6 (Energi dan Perubahannya)


Subtema               : 2 (PERUBAHAN ENERGI)

Pembelajaran        : 3

Alatperaga            : Video ,Gambar


Kompetensi Dasar :

3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.

3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung

3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2. Dengan permainan bingo, siswa mampu menceritakan kembali pokok-pokok informasi terkait perubahan energi menggunakan kosakata/istilah yang telah dipelajari dengan tepat.

3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan kuat dan lemah kaki dalam suatu tarian.

4. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat

 5. Dengan menyimak dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari

6. Dengan kerja kelompok, siswa mampu menentukan satuan waktu tertentu dengan tepat.



 

Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka

.“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.

 “Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti

.“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?”

 “Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti.

 “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?

”“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.

“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.

“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo.

“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit

Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.

“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?

” tanya Siti lagi.“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”

“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.



Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin.“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.

“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya teman-teman,” ujar Siti kepada teman-temannya

Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang.

Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman-teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.

Gerakan pertama

Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energy.

Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.

Misalnya

1.    Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah

05.30

05.00 –

00.30

Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.

2.    Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah

Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk menghitung lama waktu ayah bekerja? Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.















Comments

Popular posts from this blog

Jumat, 08 Mei 2020

Senin, 18 Mei 2020

SENIN, 23 AGUSTUS 2021 (MATERI AJAR TEMA 1 SB 4 PB 4,5 dan 6)