Materi Ajar, Selasa 9 Februari 2021 ( Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2)
Hari/Tanggal : Rabu, 10 Februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 (Energi dan Perubahannya)
Subtema : 2 (PERUBAHAN ENERGI)
Pembelajaran : 3
Alatperaga : Video ,Gambar
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengetahui dinamika
gerak tari.
3.6 Menjelaskan dan
menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
3.2 Menggali informasi
tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis,
visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks
percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan
perubahan energi dengan tepat
2.
Dengan permainan bingo, siswa mampu menceritakan kembali pokok-pokok informasi
terkait perubahan energi menggunakan kosakata/istilah yang telah dipelajari
dengan tepat.
3.
Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasi
gerakan kuat dan lemah kaki dalam suatu tarian.
4.
Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan
gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat
5.
Dengan menyimak dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi
jenis-jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari
6.
Dengan kerja kelompok, siswa mampu menentukan satuan waktu tertentu dengan
tepat.
Minggu lalu siswa kelas 3
berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa
Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan
tersebut. Berikut ini percakapan mereka
.“Selamat pagi,
teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.
“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman
Siti
.“Bagaimana kabar kamu Siti?
Apakah kamu sudah sembuh?”
“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”,
jawab Siti.
“Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur
kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?
”“Sangat menyenangkan.
Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.
“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu dapat
dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo.
“Iya, makanya waduk Jatiluhur
itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit
Listrik Tenaga Air”, tambah
Udin.
“Mengapa disebut Pembangkit
Listrik Tenaga Air?
” tanya Siti lagi.“Karena
energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi
energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.
Listrik Tenaga Air”, tambah
Udin.“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.“Karena
energi listriknya berasal dari tenaga air.”“Bagaimana caranya energi air
menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.“Energi gerak air akan memutar
alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik.
Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,”
jelas Udin.“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu
listrik,” Lani menambahkan.“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke
rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.
“Oh begitu ya. Terima kasih
ceritanya ya teman-teman,” ujar Siti kepada teman-temannya
Begitulah keseruan
pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan
informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.Selain sebagai
pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi
atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar
manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika
waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi
berkurang.
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan
teman-teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali
ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir
sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan
kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya
diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya
harus diayunkan lebih kuat.
Gerakan pertama
Semakin kuat gerakan pada tarian,
semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran
keringat ketika menari. Karena menari menguras energy.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Misalnya
1.
Pukul 05.00 Lani
bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah.
Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00 –
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan
adalah 30 menit.
2.
Ayah pergi bekerja
pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah
bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah
Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk
menghitung lama waktu ayah bekerja? Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian
Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.
Comments
Post a Comment