3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.7 Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menentukan arah mata angin dengan benar.
2.Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.
4. Setelah membaca siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
RINGKASAN MATERI
Arah Mata Angin dan Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.
Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat.
Gambar berikut ini merupakan contoh denah.
SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara.
Berikut ini adalah gambar arah mata angin.
Mata angin terdiri atas delapan arah. Matahari terbit dari sebelah timur.
Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.
Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau.
Siti dan teman-teman berencana mengadakan kegiatan penghijauan. Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar.
Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami.Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.
Perhatikan denah taman bermain berikut ini!
Pelajari cara membaca denah tersebut!
Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.
Mencintai lingkungan termasuk sikap pengamalan sila Pancasila. Peduli lingkungan berarti peduli dengan makhluk ciptaan Tuhan. Bergotong royong menjaga lingkungan merupakan pengamalan sila Pancasila.
LATIHAN TEMATIK HARI INI
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai denah!
Isilah titik-titik berikut dengan arah mata angin.
1. Masjid berada di sebelah………. SD Nusantara.
2. Taman bermain berada di sebelah ……..
3. gereja SD Nusantara berada di sebelah …..
4. taman bermainGereja berada di sebelah ….. pos ronda.
5. Rumah teman Udin tepat di seberang gereja. Jalan apa yang dapat dipilih untuk menuju sekolah?
Get link
Facebook
X
Pinterest
Email
Other Apps
Comments
Popular posts from this blog
-
Selasa, 02 Maret 2021 Materi Ajar, Selasa 02 Maret 2021 ( Tema 7 Subtema 1 , Penilaian Subtema 4) Hari/ Tanggal : Selasa, 02 Maret 2021 Tema : 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema : 1 (Perkembangan teknologi Produksi Pangan) Pembelajaran : 1 & 3 (SBDP) Alat Peraga : Gambar dan Video KD : SBDP 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk dan variasi pola irama dalam lagu 2. Peserta didik dapat menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu Langkah - langkah pembelajaran : 1) Peserta didik menyimak dan memperhatikan video yang disajikan di subtema 4 Pembelajaran 1 tentang video lagu ROTIKU dan TUKANG SAYUR cipt. A.T Mahmud 2) Peserta didik Latihan menulis di buku LALISBA halaman 19 Ringkasan Materi Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subu
Hari/Tanggal : Jumat, 23 Agustus 2019 Kelas : 2 A Tema/Subtema/Pembelajaran : 2 (Bermain di Lingkungan)/2 (Bermain di Rumah Teman)/5&6 Alat Peraga : Gambar MATERI AJAR Bahasa Indonesia Beni dan Udin sedang bermain kosa kata tentang nama-nama benda. Apa isi teks percakapan di atas? Mengapa kita perlu mematuhi peraturan? Perankanlah di depan kelas! Berikan tanggapan terhadap penampilan temanmu! Tuliskan pendapatmu berdasarkan gambar berikut! Latihan soal!
Hari/Tanggal : SENIN, 23 Agustus 2021 Kelas/Semester : II (Dua) / 1 Tema 1 : Hidup Rukun Sub Tema 3 : Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran : 4,5 dan 6 Tema 1 subtema 4 pembelajaran 4 Gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa gotong yang berarti "mengangkat" dan royong yang berarti "bersama". Sketsa adalah gambar yang kasar dan ringan atau gambaran garis besarnya saja dari suatu gambar atau lukisan yang belum selesai. Atau sketsa dapat diartikan juga sebagai rencana dari suatu gambar atau lukisan yang akan dibuat. B.indonesia KAlimat Ajakan yaitu kalimat yang menyatakan ajakan seseorang kepada orang yang diajak bicara untuk bersama-sama melakukan sesuatu. CONTOH KALIMAT AJAKAN 1. Marilah kita sholat berjamaah dan tepat waktu. 2. Ayo budayakan antre. 3. Ayo c
Comments
Post a Comment