SELASA, 21 FEBRUARI 2022 (MATERI AJAR T6 SB 3 PB 1, 2)

 

Materi Ajar Senin, 22  Febuari 2022

 Hari/Tanggal             : Selasa, 22 Februari Januari 2022

Kelas/Semester          : 2/2 

Tema 6                    : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 3                 : Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran            : 1 & 2



Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan dengan tanda baca yang benar.
2. Dengan mengamati karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif dari bahan alami dengan benar.
3. Dengan Karya tiga dimensi siswa dapat membuat karya imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.
4.Dengan bermain peran permainan kupu-kupu, siswa dapat memahami aturan yang berlaku disekolah dengan benar.

Apersepsi :

Baiklah anak sholih-sholiha kemarin kita sudah membahas tentang aturan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di sekolah. Dan cara membuat kincir angin dari kertas, semoga anak sholih-sholiha sudah paham iya nak 🥰😊. Hari ini kita masuk pembelajaran Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 1 & 2.

Sebelum belajar dimulai Jangan lupa untuk Berdoa



Perhatikan gambar halaman rumah Lani! Apakah yang kamu lihat? (Ada kebun bunga). Apakah kamu menemukan bunga pada gambar tersebut?(Ya). Bagaimana dengan halaman rumahmu? (Ada kebun bunga juga). Apakah kamu juga memiliki bunga dan tanaman di halaman rumahmu?(Ya)
 
Aku menemukan banyak hal pada gambar!
Aku menemukan:
1. Bunga berwarna merah, kuning, dan pink.
2. Lani sedang menyiram bunga.
3. Rumput yang hijau dan tertata rapi.
4. Sebatang pohon yang rindang.
5. Ibu Lani yang sedang merawat bunga.

Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu. Apakah kamu menemukan persamaan jawabanmu dengan jawaban temanmu? Ya. Apakah kamu menemukan sesuatu yang berbeda? Tidak.

Ayo Membaca
Olahraga Pagi
Pada hari Minggu yang cerah, Lani dan keluarganya berolahraga pagi. Udara sejuk pada pagi hari. Matahari bersinar cerah dan semua bergembira. Mereka lari pagi mengelilingi taman perumahan. Tampak bunga-bunga sedang bermekaran di taman. Ada bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati, dan banyak lagi. Hari itu hari yang membahagiakan untuk Lani dan keluarganya.

Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan!

1.  Pada hari apa Lani dan keluarganya berolahraga?

Pada hari Minggu

2. Di mana mereka berolahraga pagi?

Di taman perumahan.

3. Apa yang dilihat Lani di taman?

Bunga-bunga sedang bermekaran.

4. Bagaimana perasaan Lani pada hari itu?

Lani merasa bahagia.

5. Sebutkan 3 jenis bunga yang ditemukan Lani di taman!

Bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati.

Ayo Mengamati

Amatilah kembali bacaan yang berjudul Olahraga Pagi!

Berapa jumlah kalimat dalam bacaan tersebut?

Ada tujuh Kalimat.

Tanda apa yang dipakai untuk mengakhiri sebuah kalimat?

Tanda titik.


Lani senang sekali melihat beragam warna bunga-bunga di taman.

Lani membuat model setangkai bunga dari plastisin.

Perhatikan model plastisin Lani.

Karya seni lani merupakan karya seni rupa tiga dimensi.

Ciri utama karya seni tiga dimensi adalah memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.

Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi, yaitu depan, belakang, samping, bahkan dari atas.

Pada karya tiga dimensi, terdapat titik-titik, garis, dan bidang atau bentuk.


Buatlah desain untuk model plastisin mu. 

Kamu boleh membuat model buah, bunga, atau daun.

Perhatikan contoh-contoh sebagai inspirasi mu.



Bacalah teks berikut! Tandailah kesalahan ejaan dan tanda baca pada teks berikut!

Lani suka bercocok tanam lani menanam banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap hari lani menyiram tanaman-tanaman tersebut tanaman lani tumbuh dengan subur di halaman sekolah lani juga terdapat banyak tanaman ada berbagai jenis tanaman bunga. Ada berbagai jenis tanaman apotek hidup Apotek hidup adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat Misalnya, jahe, kencur, dan kunyit.



Ayo Bermain Peran
Lani dan teman-temannya bermain bersama ketika istirahat di sekolah. Nama permainan itu adalah Kupu-Kupu di Taman Bunga. Ayo, bermain bersama seperti Lani dan teman-temannya.
Perhatikan aturan mainnya.

1. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
2. Kelompok 1 menjadi bunga.
3. Kelompok 2 menjadi kupu-kupu.
4. Satu bunga berpasangan dengan satu kupukupu.
5. Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.
6. Satu orang siswa menjadi pemimpin permainan.
7. Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan genap, kupu-kupu berlari         di belakang bunga sebanyak lima kali.
8. Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari dan         bertukar tempat dengan bunga yang lain.


Latihan:

1. Buatlah desain model plastisin mu,kamu boleh membuat model berbagai macam, Seperti contoh diatas !

Jika sudah selesai jangan lupa kumpulkan di Wa grup kelas 🙏

Jangan lupa selalu ucapkan 3 kata ajaib yaitu Tolong, Maaf dan terimakasih kepada Mama, Papa, Tante, om dan kakak 🥰😊

Wasalaamualaikum wr wb .

 

Comments

Popular posts from this blog

JUMAT, 23 AGUSTUS 2019

SENIN, 23 AGUSTUS 2021 (MATERI AJAR TEMA 1 SB 4 PB 4,5 dan 6)